(LUSERA CHIT CHAT) I DON’T KNOW

LUSERA - chit chat

Ini apa?? Entah. Haha…

Yang jelas ini bukan fanfict yang kalian harapkan. Ini hanya berisi obrolan gak jelas antara Sera dan Luhan, jadi bagi yang tak berminat silahkan close tab, okay?

Kenapa aku nulis ini?

Satu, karena udah lama banget aku gak nulis dan aku merasa perlu untuk latihan. Udah setahun aku hiatus, apa ini artinya aku udah gak hiatus lagi? Jawabannya juga entah. Aku gak tahu apa yang bakal terjadi besok ^^

Dua, karena aku frustasi. Yang dialami Sera di ff ini bener-bener terjadi di aku dan aku bener-bener gak habis pikir. Itu aja. Aku Cuma pengen berbagi pemikiranku, terserah kalian yang baca ini setuju atau tidak. Tapi aku akan sangat menghargai jika kalian mau meninggalkan komentar, dan berbagi pemikiran kalian juga. Ceritanya nih, aku butuh teman curhat, tapi aku gak punya. Haha, kasian banget ya? Tapi begitulah, gak ada yang bisa kuajak bicara, jadi satu-satunya jalan adalah post ini. Setidaknya aku pengen membuat diriku sendiri lega. ^^

Tiga, aku pengen mencari alien yang sejenis denganku. Haha….

Masih nekad baca ya? Ya udah deh… silahkan…

i dont know

“Han!”seru Sera, tangannya yang sedari tadi begitu lincah menari di atas keyboard macbooknya, kini terhenti.

“Hmmm?”Tanya Luhan yang duduk bersila di lantai sambil bersandar pada pinggiran sofa yang Sera duduki. Menonton tayangan ulang Liga Inggris di televisi.

“Sediakan telinga untukku, aku ingin mengeluh!”

“Eo! Aku mendengarkan.”

“Tadi saat istirahat siang, aku dan beberapa teman kerjaku mengobrol di pantry,”lanjut Sera, sama sekali tidak mempermasalahkan Luhan yang masih saja menatap layar televisi. Sera tahu, pria kesayangannya itu selalu serius ketika Sera meminta untuk didengarkan. Meski tanpa kontak mata seperti saat ini. “Bukan bergosip tapi tumben-tumbennya kita kali ini membicarakan masalah yang lebih serius. Dari masalah intern kantor, masalah pemakzulan presiden Park sampai kebijakan kontroversial Trump. Dan kau tahu Han apa yang sampai sekarang benar-benar membuatku tak habis pikir?”

Luhan menggeleng pelan. “Apa itu?”

“Salah satu temanku, dengan polosnya bertanya ‘Trump itu siapa?’. Oh my God!!”seru Sera. “Halooooo… ini abad 21 dan kemarin semua media di dunia ramai-ramai membahas pemilihan presiden Amerika. Bahkan sebelum itu, kabar tentang kampanye-kampanye gila Trump sudah jadi perhatian banyak orang di dunia.Jadi, bagaimana mungkin seseorang yang tinggal di Negara semaju Korea, yang setiap hari menenteng smartphone kemana-mana, bisa tidak tahu siapa presiden Negara sebesar Amerika. Maksudku ini Amerika! Yang kebijakan negaranya saja bisa mempengaruhi ekonomi negara-negara yang ada di belahan dunia lain!”

Luhan tersenyum, “Mungkin bagi temanmu itu, urusan Negara lain sama sekali tidak menarik.”

“Oh ayolah, ini bukan sekedar ‘urusan Negara lain’, Han. Ini sudah menyangkut dunia yang kita tinggali. Kenapa bisa ada manusia seapatis itu? Aku tidak akan sebegini kesalnya kalau dia itu seorang nenek yang sudah mulai pikun atau ibu rumah tangga yang setiap hari hanya menonton drama keluarga di tivi. Tapi dia ini anak muda, pekerja kantoran, lulusan universitas, tapi bisa-bisanya…astaga!”Sera menepuk jidatnya. “Dia, temanku itu, bahkan tidak tahu kalau Trump memblacklist warga Negara-negara Islam masuk ke Amerika. Kebijakan Trump itu, mungkin suatu hari nanti akan membuat tragedy 9/11 terulang kembali. Lihat saja!

“Aku tidak mengerti, apa gunanya menghabiskan waktu berjam-jam untuk melihat foto-foto selfie orang lain, atau melihat video-video tak penting di vlog, membaca status-status galau orang yang bahkan tidak ia kenal di media social, menggosipkan keburukan teman sendiri, mengomentari kelakuan artis, sementara ia begitu acuh pada isu-isu dunia. Jangan-jangan jika nanti perang dunia ketiga meletus, orang-orang itu baru akan sadar saat ada bom atom jatuh di atas atap rumahnya,”Sera berujar sinis.

“Cheonse, tidak semua orang punya pemikiran seperti dirimu,”kata Luhan. Kali ini pria tampan itu memutuskan untuk berbalik menatap Sera. Sepertinya isi pembicaraan ini lebih membuatnya tertarik daripada siaran sepak bola yang barusan ia tonton. “Di dunia ini, banyak sekali manusia yang merasa cukup puas dengan lingkup kecil dunianya. Merasa cukup hanya dengan mengetahui bagaimana caranya melakukan pekerjaan dengan baik di kantor, cukup hanya dengan mengetahui pakaian apa yang bagus digunakan pada kencan esok sabtu, merasa cukup hanya dengan tahu gossip baru apa yang sedang hits menjadi pembicaraan orang-orang disekitar, merasa cukup dengan masalah-masalah yang dihadapi sehari-hari. Tak merasa perlu ikut mengkhawatirkan apa yang terjadi di Amerika sana, tak merasa perlu tahu bagaimana menderitanya saudara-saudara kita di Afghanistan, tak merasa perlu tahu bahwa sebenarnya langit tidak biru tapi mata kita yang membuat langit terlihat biru, tak merasa penasaran apa benar dunia parallel itu ada. Itu tidak penting, tidak ada sangkut pautnya dengan hidup mereka. Masalah di kantor saja sudah membuat pusing, untuk apa memikirkan masalah politik atau masalah iklim dunia. Biarlah para pejabat dan ilmuwan sana yang memikirkannya.”

“Betapa sia-sianya hidup seperti itu…”potong Sera. Gurat kekecewaan tergambar jelas di wajahnya.

“Mm. Betul.”Luhan mengangguk. “Betapa sia-sia. Tapi itu pilihan mereka. Kadang ‘tidak tahu’ itu membuat seseorang merasa lebih aman.”

“Untuk kasusku ‘tidak tahu’ itu membuatku sedih,”timpal Sera. “’Tidak tahu’ juga membuatku semakin yakin kalau Tuhan itu ada.”

Luhan tersenyum, dagunya ia sandarkan dengan nyaman di lutut Sera. Matanya tak lepas memandang raut wajah gadis itu. “Kenapa bisa begitu?”tanyanya.

“Dunia ini tidak sesimpel sekolah untuk gelar, bekerja untuk makan, seks untuk melestarikan peradaban manusia, atau uang untuk membeli segala hal, Han. Dunia ini penuh dengan ilmu. Seperti hamparan gurun pasir yang luas, dan ilmu yang dimiliki manusia paling hanya sebutir pasir saja. Kita hidup selama kurang lebih 70 tahun, dan selama itu betapa meruginya jika yang kita tahu hanya sebanyak apa yang ada ditextbook semasa sekolah atau yang ada di kolom berita browser kita. Apa menariknya hidup seperti itu? Apa menariknya menonton Harry Potter tanpa mengkhayalkan bahwa dunia sihir itu benar-benar ada? Atau memang ada? Bukankah belum ada penelitian yang membuktikan bahwa sihir itu tidak ada?” Binar mata Sera cemerlang, menunjukkan betapa penuh isi otaknya dengan imajinasi.

“Seperti apa bentuk semesta sebenarnya? Bahkan meski banyak ilmuwan percaya dengan kemasukakalan teori Bigbang, apa memang itu yang terjadi pada alam semesta? Jangan-jangan bentuk bumi tidak bulat melainkan datar seperti kata para penganut Flat Earth. Apa ada kehidupan lain selain di bumi? Ada di mana mereka? Kenapa ada banyak ilusi optic? Kenapa mata kita begitu lemah? Jangan-jangan ada banyak hal yang terlewat oleh mata kita? Jangan-jangan apa yang kita lihat hanya settingan? Dunia ini tidak seperti yang kita lihat selama ini. Jangan-jangan serangan 9/11 itu bukan kerjaan Al Qaeda? Jangan-jangan Osama bin Laden itu sebenarnya hanya tokoh fiktif buatan Amerika. Apa benar dunia ini dikuasai oleh para penyembah dajjal? Freemason? Apa benar dunia dikendalikan oleh para elit dunia? Apa internet benar-benar sudah menjangkau seluruh dunia? Jangan-jangan ada manusia di belahan bumi lain yang bahkan masih asing dengan listrik. Bagaimana perasaan cinta itu terbentuk? Apa benar hanya karena reaksi kimia di dalam otak? Lalu bagaimana caranya reaksi kimia di otakku memilih untuk mencintaimu bukannya salah satu dari milyaran pria lain di dunia? Kenapa ada banyak hal yang tidak kita tahu, Han?

“Bagaimana bisa ada dunia seluas ini, dan semesta yang bahkan milyaran kali lipat lebih luas lagi! Ide siapa semua ini? Buatan siapa? Seorang ilmuwan atheis tentu tidak akan suka jika kita langsung menghentikan tanda Tanya dengan menjawab bahwa Tuhan adalah pelaku dari semua ini. Tapi memangnya apa lagi yang bisa membuat semua ini kecuali Tuhan. Siapa yang membuat perhitungan yang begitu amat sangat sangat tepat hingga akhirnya bumi terbentuk? Bukankah kata ilmuwan Harun Yahya, jika ada kesalahan perhitungan seperjutamilyar saja maka bumi kita ini tidak akan bisa tercipta? Hanya orang picik yang menganggap bahwa semua yang terjadi di dunia ini adalah sebuah kebetulan. Aku yakin, semua ilmu pengetahuan di dunia ini ada untuk menunjukkan semaha besar apa Tuhan kita.”

Napas Sera memburu. Adrenalinnya terpacu setelah memuntahkan seluruh isi pikirannya. Bibirnya menyunggingkan senyum. Dan Luhan tahu, hati Sera saat ini sedang tak henti memuji Sang Pencipta.

“Setelah membaca buku dan menemukan hal baru yang sebelumnya tidak aku ketahui,  anehnya bukan rasa puas yang kudapat, tapi justru rasa haus. Setelah itu, biasanya aku akan tenggelam dalam kubangan rasa penasaran tingkat tinggi dan membuatku lebih banyak lagi mencari referensi, lebih banyak lagi membaca. Dan selama proses itu, aku akan semakin sadar bahwa banyak sekali hal yang tidak aku tahu. Betapa bodohnya aku. Betapa kerdilnya diriku di tengah lautan ilmu ini. Dan setelah itu, aku akan merasa malu karena pernah begitu sombong memamerkan ilmuku pada orang lain. Tapi disisi lain, aku juga akan merasa frustasi jika ada orang yang begitu tidak tahu apa-apa dan tidak peduli. Seperti temanku itu, rasanya aku ingin menjambak rambutnya!”Sera menggeram gemas.

“Dia bilang, dia tidak suka membaca karena kepalanya langsung pusing melihat huruf-huruf yang berbaris. Alasan macam apa itu? Apa gunanya youtube? Apa gunanya para pembaca berita itu? Bagaimana ia bisa santai-santai saja sementara ia tidak tahu apa yang terjadi di luar sana? Aku curiga, jangan-jangan dia juga tidak tahu kalau bumi sedang dalam masa kritis karena pemanasan global. Jangan-jangan dia kira cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini hanya takdir Tuhan yang harus kita jalani apa adanya. Bukan karena ulah serakah manusia yang merusak alam, astaga!

“Kau tahu, Han? Aku juga benci sekali jika ada orang-orang yang berlibur, melihat tempat-tempat luar biasa, hanya untuk dipamerkan di instagram dan merasa senang dengan kalimat-kalimat iri di kolom komentar. Betapa tidak bersyukurnya mereka!”

Luhan tersenyum. Ia membenarkan ucapan Sera. Luhan sangat setuju. Tapi sekali lagi, ia memilih bersikap objektif jika sedang berdiskusi dengan Sera seperti ini. “Tidak semua orang punya pemikiran sepertimu, Cheonse,”ulangnya.

“Aku tahu. Aku tahu.”Sera berdecak sebal. “Betapa asiknya jika semua orang punya kuriositas sebagus diriku, ya kan? Dengan begitu, obrolan di kantor tidak hanya berkisar tentang si sekretaris seksi yang sekarang sepertinya punya affair dengan si bos.”

 Tawa Luhan meledak. “Kau benar. Dengan tingkat kuriositasmu yang luar biasa itu, seharusnya kau bekerja di NASA atau di surat kabar, bukannya di perusahaan maskapai penerbangan, Cheonse.”

“Jangan meledek! Kau kan tau ijazahku tidak sebagus itu untuk bisa membawaku bekerja disana.”Sera mencebikkan bibirnya, tersinggung. Yang di mata Luhan justru Nampak menggemaskan.“Apa yang membuatku penasaran itu terlalu random, jadi mustahil untukku menekuni satu bidang saja. Untung aku punya dirimu yang mau mendengarkan isi pikiranku yang abstrak ini,”ujar Sera dengan raut malu-malu.

Tangan Luhan terangkat untuk mengelus pipi Sera. “Rasanya sayang jika kau hanya menumpahkan isi pikiranmu padaku. Akan sangat bagus jika orang lain juga tahu, kau bisa berbagi sekaligus mendapatkan respon dari banyak orang.”

Sera mengerutkan keningnya. “Mustahil membicarakan hal ini dengan teman-teman sekantor. Kau kan pernah kuberitahu kalau mereka menatapku seolah aku ini alien ketika melihatku membaca buku ketika jam makan siang.”

“Kalau begitu, tuangkan lewat tulisan, Cheonse! Dan biarkan orang lain membaca apa yang ada dipikiranmu. Di luar sana, pasti banyak ‘alien’ yang mengerti ‘bahasa’mu bukan?”

END

Oke, udah kuperingatkan di depan kan? Ini bukan fanfict seperti bayangan kalian. Ini Cuma curahan pemikiranku yang abstrak, yang gak tahu harus ku tumpahkan kemana, haha.

Dan tolong maafkan pemilihan bahasaku yang amburadul ini. Oh my God, udah lama nian aku nggak nulis, dan rasanya susaaaaaah banget menyusun kalimat yang pas. Aku bener-bener harus mulai nulis lagi dari awal, latihan lagi. So, jangan Tanya gimana lanjutan ff-ku yang lama yaaa, aku gak tahu harus jawab apa soalnya. Yang jelas, semua stuck. Aku jujur lho ini, gak mau php. Maaf banget bagi yang menunggu lama. Mungkin aja suatu hari nanti, kalian gak nemuin ff Moon that Embrace Love disini melainkan di toko buku kesayangan anda, eaaaaaa~~ (Amin Amin Ya Allah)

Oiya, sekali lagi aku pengen tahu komen kalian. Apa kalian alien juga sepertiku? Haha…

 

 

Regard,

Serra Sangheera

47 responses to “(LUSERA CHIT CHAT) I DON’T KNOW

  1. Sumpah, pemikiran diluar nalar. Pernah juga sih berfikir kek gitu, tapi makin kesini makin cuek aja sama begitu2an. Benar kata luhan “banyak sekali manusia yang merasa cukup puas dengan lingkup kecil dunianya”, dan itu adalah aku hehe😁😁
    Pemikiran semacam itu pernah terlintas bahkan sering tapi jarang aku anggap serius dg cara nyari jawaban atas pertnyaan2 absurd seperti yg tertuang diatas.
    Untuk karya2 kedepannya, gpp gk dilnjutin sekarang MTEOL-nya kak wkwk. Mungkin anda butuh pencerahan duluuuu gitu :v
    Lanjutin yg storm aja kak. Kan itu cerita random, bukan berchapter kek DBM, WB, atau MTEOL wkwk
    Pokoknya ditunggu karya terbarumu kak. Wuf you :*

  2. Khas bnget Sera ny… Apa kbr km???? Udh lama gk nongol heheheh niat mu comback???? Aq seneng ih klo iya.. Brdoa y terbaik dh bdw skrng kerja d maskapi penerbngan?????
    Aq kngn LuSera dhhhhhh

  3. yeayyy ka sangheera comeback^^^
    seneng bgt..kangen sama couple ini..
    btw tinggalin jejak dlu ya ka^^

  4. Hmm.. aku masih pelajar uni wkwk😅 jadi mungkin gabisa kasih tanggepan se yang uni harapkan.

    Aku setuju sepakat, bahwa ada banyak ilmu pengetahuan yang bertebaran dan blm ke sampean untuk mengejarkan (?) dan antara bangga sama ngenes justru sumber sumber akurat yang bisa di jadikan patokan ilmu itu al qur’an milik kita umat islam! Kadang suka sedih juga blm bisa memecah sendiri kandungan al Qur’an yang luar biasa isinya pemecahan masalah disetiap sisi kehidupan.

    Bener bngt kalo bumi ga mungkin ada cuma karena kebetulan. Semua yang ada di bumi ini udah tersusun sedemikian rupa balance dimana dimana dan emang kebutuhan kita untuk percaya akan hal hal yang immateri, karena ada hal hal yang gabisa di nalar sama akal kita. Apa aja itu ya yang ada di al qur’an kan disana sdh dijelaskan semua hal hal immateri, yang gabisa kita pecahkan menggunakan akal misal hari akhir, hari pembalasan, perkumpulan, perhitungan amal dsb dan kita sudah sepatutnya mengimani dan harus sdar dan mengorientasikan perilaku kita pada jalan jalan kebenaran.

    Bicara memang nomor satu yang paling gampang😅 tapi aku sendiri juga kesulitan di dalam proses nya dan butuh banget komitmen.
    Dan kita juga gabisa mengharapkan semua teman atau kenalan kita punya pemikiran yang sama kaya kita, sehingga apa ya sejenis kaya ada misi dakwah nih itung itung lumayan bisa nyadarin teman sendiri wkwkwk..

    Trs masalah kebijakan Trump aku tau yang melarang umat muslim masuk ke wilayah sana.
    Tapi aku blm bisa mengikuti perkembangan beritanya karena sibuk USBN 😭

    Aduh aku gatau ini komen apa ya uni Ya Allah maafkan aku😂

  5. Hai… kak seraaa!!salam kenal. Kenalin aku pembaca setiamu walau seringnya tdk menunjukan kehadiran ku disetiap karya kaka. Dan sekarang aku memberanikan diri untuk ngisi kolom komentar ini. Hehe. Sumpahhh aku setuju bangettt sama pemikiran-pemikiran kaka. Kadang aku juga mikir hal yg sama loh kaya kaka. Dan buat aku chit chat nya cheonse diatas bnr bangett,, kadang aku juga sering ngeluh sama orng jaman skrng yg kadang apatis dan terlalu masa bodoan.. walau emng ga semuanya begitu sihhh.. dan oh ya aku doain yg terbaik untuk kelanjutan karya-karya kaka yakk.. dada~

  6. Luhan said, “….pasti banyak ‘alien’ yang mengerti ‘bahasa’mu bukan?”
    .
    . Dan gue salah satu ‘alien’ yang Luhan maksud…
    Sumpahnya ge, ini tuh nohok banget, seakan-akan ngingetin aku buat belajar lebih banyak buat unbk nanti 😑… kkkkk… gak nyesel tau bacanya.. dan aku tuh suka banget baca cerita ff kek gini, banyak pelajaran yg diambilnya…
    Keren deehh!! Jjang!!! 👍

  7. sumpah iiiiihhhh kangen banget sama lusera ㅠㅠㅠㅠㅠㅠ
    pas liat notif dari kakak langsung heboh dan Buru2 baca :’v meskipun bukan kelanjutan cerita tapi tetep excited..
    btw ada beberapa kalimat tanya dari cheonse yg pas aku baca langsung dalem hati ngomong “nah bener nih” tapi pas luhan ngomong ‘banyak sekali manusia yang merasa cukup puas dengan lingkup kecil dunianya’ aku juga langsung mikir kalo itu juga bener banget, banyak banget kan yg gak perduli sama beberapa hal yg serius gitu..

    isi kepala kamu emang ajaib yaa selalu aja nulis cerita yg bisa buat org lain ngerasa nambah ilmu dan juga sadar kalo apa yg kakak tulis itu bisa jadi motivasi, aku masih inget banget sama fanfic sos dan sampe sekarang selalu berusaha buat listening sound of silence.. kakak the best deh, pokoknya ditunggu karya selanjutnya entah itu versi buku atau bukan ^^

    semangat terus kak ^^

  8. Welcome back ka…(Aku manggil kk apa yah)???
    Kemaren2 aku udah baca abis ff kk yg wild boy dan ff itu adl ff terbaik yg pernah aku baca. Aku juga udah lama bgt ngga baca ff lagi dan ga tau kenapa susah bgt buat komen2 lagi pdhl aku udah gonta-ganti email dan ini juga aku gatau komen aku masuk apa ngga. Tapi seenggaknya aku nyoba buat nyapa kk, soalnya aku ngfans bgt sama kk. Yang awalnya aku ngga ngfans sama luhan malah sekarang ngfans bgt sama luhan karena ff Will Boy pokoknya karekter luhan itu sesuatu banget lah buat aku kkk~
    Akan kutunggu karya2 kk selanjutnya, ttp semangat yah ka.
    Dan soal penyihir emg ada lho ka. Klo kk muslim kk tau dong kisah nabi Musa a.s, pd zaman nabi musa jg udah ada penyihir2 tpi lebih mempelajari ilmu iblis nah klo nabi musa sendiri diberi oleh Allah mu’jizat bisa merubah tongkat menjadi ulah dan masih byk lagi mu’jizat Allah yg berikan kpd nabi musa dan itu BUKAN SIHIR. Dari situ para penyihirnya fir’aun ngikut ajaran nabi musa krn mrk tau klo itu bukan ilmu sihir. Dan J.K Rowling jg ngonfirmasi soal sekolah2 sihir yg di rahasiain keberadaannya

  9. Hallo kak serra,kangen bangeeeeeeeeet…
    Aku juga sering loh permikiran kayak yang sera ungkapkan diatas,,,,banyak kawan aku yangn acuh sama sekitar dan lebih mentinggin kemajuan media sosia..jujur aku sedih…apalagi banyak banget dilingkungan belajar aku…gada yang bisa ku ajak untuk berbagi pemikiran tentang pengetahuan, yang menurut mereka gak penting….maaf y jd curhat…#aku gak nyambung ya..
    Tapi beneran aku kangen pakek banget sama kakak….dan lusera couple tentunya..sekarang malah jarang banget aku buka skf …selain karena kuliah juga auhor favorit ku masih hiatus….
    Tadi tiba2 aja aku buka gak nyangka kk post, seneng banget huhu….
    Aku masih berharap kk lanjutin yang storm, aku gak maksa karena aku ngerti kok keadaan kk….
    Maksih kk ceritanya, sampa jumpa di postingan selanjutnya…
    Semangat.. ♡♥

  10. sebenernya aku juga sama seperti yang kakak tulis ,yang selalu berfikiran kalau nanti ini gimana? kalau nanti itu gimana? kok kalian gak gitu sih?kok kalian gak tahu sih? ini loh yang bener dan ini loh yang salah?
    tapi jika kita lihat lebih objektif lagi ya seperti yang kakak bilang, gak semuanya yang kira fikirkam juga mereka fikirkan, mungkin ibaratnya kayaknya kita terlalu jauh berfikir dan kenapa juga mempermasalahkannya toh gak terjadi dan jangan sampai terjadi, dan pengetahuan orang juga gak bisa kita salahkan tapi minimal kita yag beritahu apa yang terjadi atau apa yang baru didunia ini,open your mine and share your mine for everyone
    entah kenapa aku makin suka sama kakak (fans sangheera) penulisan kakak tuh selalu nyentuh ke sisi afeksi dan psikomotorik ku, entah itu harapan, Cinta, Kasih sayang dsb pokoknya seneng banget kakak balik lagi 😘

  11. Akhirnya aku bertemu dengan alien yang gilirannya 11 12 sama aku.
    Uhhhh tadi pas liat ada kata” lusera dengan otomatis di klik ff nya,nggak peduli apapun tulisan di awal yang unni buat yang penting aku baca ff buatan unni.karna udah saking lama dan saking kangennya dengan ff dari sangheera atau temen” indaylee yang udah sekian lama hiatus dan aku masih nungguin

  12. author-nim..annyeonggg!! ni sedikit byknya jga menggambarkan apa yg selama ini kufikirkan tapi tak bsa diutarakan krna aq jga gk punya temen or seseorang yg setidaknya bs memahami or memiliki pemikiran yg sama ttg hal2 yg mgkn mnrt qta sprti sesuatu yg seharusnya manusia tahu mengingat btpa canggihnya teknologi saat ini….(dan bgi sebagian orang tu tdk trlaku penting)
    suka deh ada ff ‘unik’ kya gini…semangat author-nim utk krya slnjutnya….

  13. Hallooo kaaaaa akhirnya nongol lagiiii
    semoga disegerakan untuk menulis lagi ya kaaa

    hmmm gue bener2 setuju banget nih sama pemikiran lo kaaa gilaaa yaaa banyak banget sebenernya ilmu didunia ini yg bisa kita pelajari bahkan dari kehidupan sehari2pun dan emang sangat disayangkan klo ga dimanfaatin dan di cari.
    pengen punya luhan juga buat dengerin ocehan gue hahahaa

    see u kaaaaa

  14. kyaaaaaa >< Sera eonni kambek *0*
    salam kenal alien yg lain hahahaha XD
    eonni aku kangen masa… unch unch :3 aku jg sama masa unni ngga pernah bikin FF lagi, huhu, terus readers jg ngga ada lg jd dah ngga semangat nulis. FF ku disini banyak yg ku delete hahaha rasanya yg aku tulis tuh rancu bgt eonn..
    uhh… btw eonni masih ingat aku tidak? :"v
    ayo eonni ngobrol sama aku kea dulu '3')/

  15. Aku juga suka ilmu, aku jg kepengen tau orangnya. Tapi kadang aku capek jg kalo kebanyakan mencari tau, malah jd bingung. Jadi sekarang lbh slow aja. Katanya hidup buat dijalanin bukan buat dipikirin ehehehe…

  16. cheonse bukan satu2nya alien. krn aq juga mikir kyak gitu. dulu aq pnya teman sekolah yg gak tahu albert einstein itu siapa. aq juga heran bisa2 nya dia tdk tahu…pdhl di buku fisika si ilmuwan itu kerap muncul wajahnya. reaksi ku pun sama dgn cheonse… 🙂
    di era kapitalisme memang banyak orang pragmatis, apatis , juga trrkadang individualis. solusi luhan agar cheonse menuliskannya itu bener banget. selain itu juga bisa langsung kita obrolin ke teman2 kita… saat istirahat kerja aq juga sharing ke teman kerja mengenai isu2 terbaru…berbagi ilmu dgn mereka. apa yg terpendam memang sebaiknya ditumpahkan.
    🙂

  17. Okeww… temen kuliah aku juga ada yang kayak gitu men…
    Amazing banget waktu liat dia hanya sibuk dengan tutorial make up di youtube sama hangout sama cem-ceman dia yang satu spesies hahahaha

  18. Thats cheonse si penasaran level luar biasa. Tapi kalo kamu nanya apakah alien seperti kamu ya aku jawabnya yes. Tapi drpada itu aku lebih seneng cara luhan yg menanggapinya dengan manis. Aku sependapat sama luhan disini. Good luck.

  19. kakak akhirnya kau update.. apa ini tanda2nya akan comeback?? 😀 hehee
    aku kangeenn
    rasanya udah bosen liat ff say skrg yg alay2.. pengen ffnya kak sera yg mampang di TL say

  20. Huwaaaaa rindunyaaa udah lama g baca tulisan.nya.
    . Ini bener” g bikin nyesel baca, baca ini rasanya nohok banget merinding juga, aku pernah ada di posisi itu jugaakk 😂😂😂
    . Aku sebenernya juga mau berbagi cerita kek begini. Cuma aku g pandai nulis.
    . Intinya kita sama” alien.

  21. Aku pernah. Tapi, karena aku orangnya supel jadi lebih baik aku menyesuaikan pemikiran mereka karena aku berada di lingkungan yang sama dengan mereka.

    Di luar itu aku punya orang-orang yang seperti kakak. Selain rumpi tentang artis korea kadang kita diskusi tentang hal semacam itu.

    Dan, sumpah! pemikiran kakak itu di luar nalar. Dibanding memikirkan tentang hal ilmiah, aku lebih suka mengamati perilaku seseorang, aku suka dunia psikolog. Apa yang harus kita lakukan terhadap orang sekitar. Ya, menurut aku itu jauh lebih penting. Lain kali aku banyak belajar tentang sains. maklum anak ips :v

    pemikiran dalam hal mungkin kita beda. tapi, mungkin sama-sama disebut alien dalam lingkungan.

  22. Selalu suka sama tulisan kamuu 😙😙
    Kadang aku mikir, kok bisa sih author nulis segini kerennya, kok bisa sih masuk2in keilmuan ke dalam fiksi. Baca karya kamu serasa baca banyak buku 😊. Jadi buat orang yg gak terlalu suka buku ilmiah, mereka tetep bisa belajar dengan fiksi2 kamu yg luar biasa ini.
    Menurutku author itu out of the box banget. Ide2 tulisannya luar biasa dan penuh hikmah. Pandangan2 author juga banyak dimasukkan dalam dialog2 LuSera, jadi kita bisa tau seperti apa sih author itu orangnya. Diksinya juga gitu, udah kayak penulis2 profesional gitu lah 😆
    Kalau soal ‘alien’ yg dimaksud luhan, kurasa semua orang yg komen di sini dan suka sama tulisan ini adalah alien 😆 karena mereka setuju dgn author, itu berarti mereka juga alien yg sama dg author (termasuk aku). 😆
    Untuk kedepannya, semoga author sangheera bisa off hiatus 😅 soalnya kita semua kangen banget loh. Dan ini tambahan saran aja, author banyak2in nulis esay dan jurnal ya. Soalnya author berbakat banget keliatannya 😊 . Kalo udah banyak nulis karya ilmiah, tambahin terus karyanya. Aku mendukung banget 😊😊

  23. Selamat datang kmbali authorniiiiim
    Senang rasanya lusera kmbali..
    Curhatan author di atas..aku gk mau komentar banyak..krn aku trlalu tetpana dgn kalimat klimat sera yg luar biasa..
    Aku suka dgn msukan msukn yg diberikn luhan ke sera..

    Dan entah kenapa aku lbih memfokuskan kmbalinya author skarang..luar biaaaaaassssaaaaa senangnya..

  24. Suka deh dengan pemikiran kaya gini,
    Bener-bener pikiran tingkat tinggi,
    Aku juga ngerasa seperti itu kak, susah nyari orang kaya gitu, aku kalau di sini jg kaya sendiri.
    Jujur, terkadang aku merasa penasaran sendiri, kenapa mereka bisa tidak tau hal seperti itu?
    Terkadang hal yang menurut ku menarik banget, bagi mereka hanya hal sepele yang ga ada gunanya. Bikin nyesek kalau kaya gitu. Bingung mau berbagi pendapat sama siapa. Kayanya seru deh kalau punya temen yg punya imajinasi nya sama kita ya kak,
    Kalau udah mentok, yang sering jadi berbagi pikiran gila ku adalah ibu sama adik ku.
    Terima kasih sudah mau muncul lagi, walau bukan melanjutkan ff nya

  25. Waaah akhirnya muncul, apa kabar?? Tp liat dri tulisannya kayaknya lg marut banget hehehe
    Entahlah aku termasuk alien yg dirimu maksud atau tidak. Ya iyalah, aku juga kaget sama org yg ga tau Trump.. rugi banget dia mah menggunakan internet & media yg cukup maju tp ga tau apa yg sedang diperbincangkan dunia wkwkwk.. Tp benar jg kata Luhan, ” ada org yg cukup puas dengan lingkup dunia kecilnya”. Setiap org memiliki karakter yg berbeda dan memiliki cara yg berbeda utk mencari kebahagian dirinya, entah dengan mereka pamer apa yg dilakukan disosmed atau mengunjungi tempat indah bahkan seperti sera yg memiliki hasrat keingintahuan yg tinggi. Sudut pandang setiap orang itu berbeda utk tenggelam dalam dunia yg mereka senangi… Ya mungkin mereka jg menganggap dirinya “alien” trhdp dunia yg mereka gemari 😊 ya sesuai dengan cara mereka bahagia dan mencapai kepuasan itu seperti apa..
    Klo menurut sih seperti itu..
    Ya aku berharap banget klo Strom bisa lanjut, ato kisah Lusera yg baru jg ga apa2 hehehe
    Semangat ya! Terkadang dunia kerja itu sering buat frustasi, pergunakan wktu libur sebaik2nya terutama utk traveling 😉

  26. Ya Tuhan kangeeennnn!! 😭😭
    Akhirnya ada updatean jg. Huhu
    Kangen berat sama merekaa ❤
    Tp ini tuh hampir sama kaya aku jugaa haha
    Gangerti deh sama org2 yg sukanya update gosip gak jelas, padahal kalo tau dunia luar itu rasanya lebih membahagiakan 😂
    But then setiap org punya dunia mereka sendiri dan itulah yg buat dunia jd lebih punya warna 😂
    Haha apadeh aku ngomongnya ini😂

  27. Sumpah kak sekian lama udh gk baca cerita kakak aku nganga baca ini kak. Pemikirannya luas bgt sumpah dh.
    Aku aja mungkin klo suruh nulis kyk ginibudh langsung kabur gk tau mau nulis apa.
    Gara2 dulu sering baca tulisan kakak aku jadi tertarik buat nulis dan waktu aku tau kakak kuliahnya jurusan psikologi aku juga jdi pengen ngambil jurusan itu besok waktu kuliah.
    Serius dh kakak itu udh kayak motivasi tau gk buat aku.

  28. waaaaa, kangen kak sangheera
    yaampun dah setaun lebiiih😭😭
    daridulu ngestalk terus dan gaada kabar, sekarang pas gasengaja buka gara” udah pusing usbn eh tiba” nemu notif 😂
    yaps aku setuju sama apa kakak omongin, , gak semua yang kita pikirikan juga oranglain pikirkan soalnya aku sering dilanda kenapa cuma aku yg mikirin ini sedangkan yang lain udah beda pendapat.. pengetahuan emang luas banget, kita gakbisa secara sepihak nyalahin apa yg pendapat oranglain sampaikan tapi paling enggak ya saling kasih kabar/ berita. pengenlah ya punya orang kayak luhan yg mau dengerin ocehanku ..
    yang aku heranin sampe skrng kakak tu author bisa sih masuk”in ilmu yang ada di dunia dalam ke fiksi dan gak fail. semakin cinta sama tulisan kak sangheeraa ❤❤. itungannya kereen banget lah..
    ditunggu buat project selanjutnya 😘 😘

  29. Aku baru buka blog ini, pas baca judulnya dalam otak aku hanya bilang “oh lusera”, kayanya aku butuh waktu 3 detik buat ngeuh kalau ini itu tulisan sangheera 😀
    Aku emang pernah mikir sama apa yang kaka utarakan, tapi pemikiran aku tuh dangkal banget, kan aku udah belajar juga tentang teori pembentukan alam semesta, di teori itu kan menyatakan kalau benda-benda langit awalnya dari gas, aku mikir, gasnya berasal dari mana, tapi saat itu juga aku mikir ‘oh mungkin gasnya ada tiba-tiba, kaya awal mula hidupnya kucing, tiba-tiba ada di bumi’ 😀 Karena pemikiran itu, aku jadi engga mikirin lagi tentang itu. Guru-guru disekolah aku juga sering bilang, di era teknologi ini yang orang kemana-mana bawa ponselnya, harusnya bisa menjadikan manusia itu lebih kaya akan informasi, tapi pada faktanya engga, banyak dari orang-orang yang menggunakan teknologi sama internet itu cuma buat stalker orang-orang, dan termasuk aku kadang-kadang.
    Disini aku mau bilang, kalau tulisan kaka itu sekali lagi memberi pencerahan dalam hidupku, kaka telah meng-ngeuhkan aku 😀
    Ditunggu karya yang lainnya ka, semangat!

  30. Salam alien!!!!
    Aduh, Kak, lama banget nggak pulang kampung??? Hehehe, nggak kok kak kalo tulisan kakak ini enggak diharapkan. Aku setuju sama Kakak. Sekarang emang informasi lebih mudah nyebar tapi jarang banget yang merhatiin.

  31. Hwaaaaa….sebelumnya selamat datang kembali Eonni… miss u so much…
    Aku gk tau harus komentar dari mana.
    Yg jelas pemikiran Eonni selalu diluar dari pemikiranku.
    Mungkin benar ya disaat lihat temen kyk gitu rasanya buat kita gregetan. Tapi ya, seperti kata luhan gk semua orang berfikir seluas pemikiran eonni..
    Tapi Eonni terkadang pikiran kita akan meluas jika semakin banyak pertAnyaan yg berkaitan di otak kita. Dan bagaimana bisa ada orang yang hidup dengan santai tanpa ingin tau tentang dunia sedangkan didunia kita ini ada ribuan pertanyaan yg masih belum ada kepastian dan jawabannya.
    .
    Eonni kalau mau cerita, ya cerita aja jangan dipendam nanti malah bikin stres.
    Stres yg berkepanjangan bisa berlanjut ke depresi lho.. ^^

  32. Halo kak, salam kenal
    Aku uda sering baca ff kakak, tp baru skrg comment di tulisan kakak
    Knp?? Krn tulisan kakak yg ini bikin ak gatel buat comment dan buat curhat
    Sapa tau, ak bisa jadi ‘alien’ kyk kakak
    Selama ini, memang kadang2 muncul pertanyaan seperti yg kakak tulis tadi di otakku, cuma memang ak blum smpai yg harus cari tau sampai ke detail2nya
    Ak juga sering mikir waktu lihat orang upload foto pas lagi traveling.. sering mikir gini, dia emang niat menikmati alam apa cuma buat pamer ke orang2
    Trs juga sering risih liat status2 galau di medsos
    Ngerasa buang2 waktu hidup aja
    Tp begitu baca tulisan kakak, ak merasa ak juga termasuk orang yg buang2 waktu, yg nggak mau tau dunia kita ini bagaimana, yg nggak mau nyari jawaban dr pertanyaan yg ada di otak
    Jadi thanks kak, buat tulisannya
    Bikin ak sadar buat ngisi hidup ini dengan hal2 yg lebih berguna

  33. Miss you so much kak heera sumpah ya aku nunggu cerita kakak yg lain, nunggu yg hold on pokoknya nunggu deh.. berasa lumutan tapi pas tau update di disini aku seneng ini awal mulanya kakak balik lagi nulis horeee..
    Jadi pengen curhat nihh, kadang gak semua orang bisa paham sama apa yg kita pikirin dan nyari orang yg begitu tuh kyk nyar jarum di tumpukan jerami sumpah susah bngt.. aku tuh terinspirasi bngt sama cerita2 kakak dan beberapa author
    Pokoknya di tunggu bngt tulisan kakak lagi ok
    Keep writing

  34. Welcome back kakaaa, makasi ya oak udh may balik lagi nulis
    Ya Allah aku sampe mau lumutan nunggu kakak dan akhirnya kakak balik nulis lagi, senengnyaaa, jangan lama lama ngupdatenya ya kak yaa, tetep ditunggu ko ceritanya, jdi kakak cepet cepet balik yaaaa

  35. Sebenarnya kadang aku juga memikirkan hal yang sma seperti kakak, bahwa didunia ini terlalu banyak tanda tanya dan terlalu banyak manusia yang mengembalikan tanda tanya itu dengan kata ‘Kuasa Tuhan’ bukannya meragukannya tapi setiap tanda tanya pasti selalu ada jawabannya hanya kita yang terlalu malas untuk mencari tahu (Termasuk aku heheh). Terkadang jika penasaran akan sesuatu saya selalu mencari informasi dibuku, internet, atau org lain tetapi saya terkadang tidak pernah mendapat jawaban yang memuaskan untuk menghilangkan rasa penasaran saya dan membuat saya ujung2nya berfikir ini adalah salah satu ‘kuasa tuhan’. Suka lucu juga sihh sama orang yang suka memamerkan harta kekayaan mereka di Ig hanya untuk merasa puas melihat orang lain iri dengan apa yang dia punya.

    Awalnya sihh jujur agak kecewa karena bukan lanjutan ff kakak yang di update tapi setelah baca ini rasa kecewanya hilang. Pikiran2 kakak yang seperti ini yang membuat saya senang dengan tulisan kakak dan rela nungguin hiatus selama mungkin hikss hahahha…
    Semoga aja pas datang ke toko buku, ada buku kakak disana eaaakkk hahhahaah

  36. Kak Seraaaaaa, i miss you so so so much. Kangen bgt sm tulisanmu, omg. Walaupun ini bukan lanjutan ff, tp udh lmyn ngilangin kgn kok wkw. Btw ini kok ak bgt sih ff nya, bukan ak pemikiran kek sera. Tp ak yg dipikirin sera. Krn ak ini tipe org yg nyaman sm dunia ku sndri, ya kyk pulang kuliah, rapat, brcanda sm anak suami, tidur, ngeff, kuliah lg. Udh muter2 itu aja, ak bukan tipe org yg hobi jalan atau explore gt. Temen2 ku juga suka nanya ‘nggk bosen gitu2 aja’ tp ya ini hidupku, yg buat ak nyaman. Selama ini nggk ngerugiin org lain dan nggk dosa ya nggk gpp kan. Tp pemikiran Sera ini luar biasa ya, bener kata Luhan, harusnya kerja di NASA. Hhe. Kl beneran jd buku, lgsg ak beli kakkkk. Pkoknya aminnnnnn bgt, biar lanjut ceritanya. Cerita baru jg boleh lo kak. Wkw. Pgn ngebbm kak Sera kek dl lg, tp ak udh nggk install bbm huhuhu. 😂😂😂😂. Mksh udh kasih selingan cerita, semoga lanjut ya kak. Enggk stuck lg😆😆

  37. Pikiran random semacam itu sih terkadang muncul di pikiranku kak.
    Tapi, seperti yang Luhan bilang, aku percaya semua adalah takdir Tuhan dan aku hanya jalanin apa yang harus dijalanin, dan menerima semuanya.
    Aku suka chit chat Sera diatas, itu terjadi di kehidupan nyata. Aku juga kadang suka ngomongin apa, tapi temenku ga paham dengan apa yang aku bahas, itulah kenapa aku terkadang jarang mengobrol. Sekali nya ngobrol ya paling ikutan ngegosip.
    Oh ya, welcome back Kak Sera 🙂

  38. Ini Kak Serra itu kan? YA ALLAH, KAK! Kamu kemana aja, hm? Tapi kita juga ada kesamaan nih ya. Kalapnya hampir bareng, munculnya juga MWAHAHAHA, SOALNYA BARU KEMAREN AKU MUNCUL DI SKF SETELAH BEBERAPA BULAN YANG LALU! Btw, aku juga ikutan curhat nih ya…
    Samaan soal ga punya teman buat menampung unek2 karena emang kalo aku itu perlu di tanya baru ngomong, kalo aku udah ngomong duluan, berarti disitulah aku merasa nge-down bgt. Saestu, aku kangen tulisan, Kakak. Dan soal mencari orang kek Kakak? Aku mau. Jadi seseorang yg pinter. Dan satu lagi, kuliah di jurusan Psikologi! Benar kan? Aku ga salah kalo Kakak kuliah di jurusan itu? Soalnya Kakak kek pernah ngomong deh. Dan tingkat kepengenanku bertambah. Yeah, soalnya aku juga ga tau bisa lanjut kuliah apa tidak. Hehe
    hidup sekeras batu, walopun tekat bulat, keadaan sulit, semuanya jadi sia2 ye kan?

    Oke, ngomongin soal tulisan Kakak diatas yah, aku jadi keinget novel berjudul ‘Hujan’. Masalah yg diangkat itu soal dunia. Perubahan yg sudah terjadi, sedang terjadi, dan akan terjadi pada permukaan bumi. Karena disana Sang lelaki adalah Ilmuwan. Dan yeah, gitulah pokoknya.
    Harun Yahya, aku baru belajar 2 bulan lalu tentang evolusi.
    Dan soal Tumbs(?) aku juga ga tau ini. Kwkw.

    Ff itu akan dijadikan novel? InsyaAllah, aku mau berusaha mencari buku itu. Ga boong. Soalnya dosa. Kwkw.

    Btw, sebelum pake id ini aku pake ‘sulis pcy’ jadi jan heran kalo aku tau Kakak. Karena aku bukan sider Kakak. Cuma Reader yg ganti id kekeke

    See you next time, kay? Ohya, aku tanggal 10 April UNBK. Doakan ya? Hihi

    Yeogineun
    Dikanasly (:

  39. eonni, obrolan macam apa ini hahaha…
    sera pemikirannya emg beda bgt sma ceewe cwe d luaran sana, kapan kapan kapan post ff lgi???
    gmna kabarnya??? apa mood nulisnya comeback lgi???? lebih nunggu stromnya….

  40. Ini obrolan yang sangat seru, kaget pas iseng iseng buka skff cek tagged kakak ada update😍😍😍😍

    Ini juga pernah terjadi sama aku btw, dulu pas sma kelas 10 aku suka banget nyari tentang adagak dunia paralel dan entah kenapa itu ngebuat aku dikelas saat orang makan sambil ngobrolin artis hits nah aku malah searching internet buat ngobatin rasa penasaran. Ampe pernah pas forum kelas aku banyak yang bilang aku jutek karna kalo jawab pertanyaan singkat kalau lagi bahas kakel cogan wkwk

    Fikiran random ini yang sulit buat dibahas sama temen sendiri. Bener kata Luhan, dulu temen sebangku aku pernah aku tanyain tentang dunia paralel dan dia jawab gini “udah lah na kalaupun ada emang lo mau ngapain? Ketemu sama ‘kembaran’ lo disana? Abis itu gimana? Udahlah lu ya lu ngapain mikir tentang kembaran lu di dunia lain itu yang ketemu aja gak pernah. Tugas sekolah di dunia ini aja udah bikin kita begadang, ngapain mikir jauh jauh?.”

    Pertama kali kesel pas dibilang gitu cuma pas curhat ke sepupu aku dia bilang mungkin temen kamu itu cuma liat dunia secara realistis dan akhirnya sampai sekarang belum ada yang bisa ngimbangin fikiran random aku ini wlwkwk

    **lah jadi curhat dah

    Btw kak suka banget sama bahasannya, soalnya sesuai sama kehidupan sehari hari banget gak mikir ribet jadinya.

    Kak kalau mau cerita cerita aja, cerita bukan cuma dijadiin chit chat kaya begini. Kalau aku suka nulis di note hp kadang atau di ms. Word bahkan biarkan bahasanya amburadul *ini aku banget wkwk* tapi yang penting emosi tersalurkan. Salurin kak stress nya, kalau nggak kadang kakak jalan jalan di alam gitu kalau buat aku sih itu udah cukup bisa buat ngilangin stress kalau kata guru BP aku si pagi pagi jogingg juga bagus hehe ini masukan doang ya kak

    Dan siapatau langsung jadi buku nih anjayy😱😱😱
    Kabar kabar lah kak aku pasti beli aduu jadi bayangin bisa peluk bukunya bisa nambah anak deh di tumpukan novel

    Terimakasih banyak udah muncul dan ngobatin rindu sama LuSera couple ini, btw kakak hiatus aku berkali kali baca ulang WB ampe temen banyak yang bilang “itu cerita berapa chapter sih na kok lama banget selesainya” disitu cuma bisa senyum senyum wkwk
    Sebelum semakin panjang komen aku, See you next time kak!!! Ditunggu karya lainnya 안녕😊😊 😊

  41. Yaampun ka seraaa, aku suka sama tulisan ka sera semuanya soalnya aku dapet ilmu banyak di setiap tulisan ka sera, rasanya gamau baca tulisan author yg lain, udah setahun nungguin postingan ka sera:( ditunggu ka untuk cerita selanjutnya…..

  42. Akhirnya nemu akhirnya nemuuuuuuuuu…. Akhirnya ada orangvyang setuju “Aku juga benci sekali jika ada orang-orang yang berlibur, melihat tempat-tempat luar biasa, hanya untuk dipamerkan di instagram dan merasa senang dengan kalimat-kalimat iri di kolom komentar” gak tau kenapa mereka seneng banget diiriin orang dan pamer dengan bangganya padahal maaf ya, dari segi ilmu dia juga kurang, tapi waktu ditanyain “itu lagi dimana”, bilangnya “iih masa gak tau”. Udah gitu waktu ditanyain masalah sosial bilangnya masa bodo, bukan masalah sendiri ngapain diurus. Kan sedih kan kalo semuanya gituu…

    Yaa emang mungkin bener kata kakak yang bilang mereka baru sadar waktu ada bom jatuh wkwkwkkwk. Malah mungkin juga difoto/ehhh

    Tapi ya emang setuju banget sama tulisan ini, kalo waktu abis tau sesuatu dikit terus penasaran lebih lanjut terus Jatuhnya malah ganemu tentang hal yg lagi dijepoin itu bikin frustasi, rasanya kayak marah banget dan ngrasa bodoo… Gitu lagi ditambah orang” lain cuek sama hal hal kayak gitu kan sedih 😦

    Makasii author sangheera udh nulis post inii, sekarang tau kalo ada orang lain yg sepemikiran walau ngga sespesifik author. Wkwkwkkwk saranghaeee ❤❤❤❤❤💕💖💗

  43. Waaahhh oenny…rindunyaaaa
    Mskipun bkn klnjutan ff tetep aja excited,,

    Ya allah maak zleebb gitu pertanyaan2 sera yaa..haha, soalnya aq sendiri tipikel orang yg ga begitu menanggapi mslah2 soal negara dsb ky gitu .. (sama ky temen sera ya berati gue, ya allah…) cuman begitu baca postingan ini kyknya hrs mulai merubah sikap deh..hrs mulai peduli sm sekitar…ga hrus jd org egois mentingin kesibukan sendiri. Trimakasih kakak sudah menyadarkan aq….

  44. Haiii kakak… Aku exited bngt dengan post kakak ini, begitu buka google nulis lusera trus keluar ini, huaaaa aku langsung buru buru buka. Aku gak kecewa sama sekali dengan karya kakak diatas.

    Aku juga pernah bertanya dan mengkhayal kan banyak pristowa dibumi ini kayak kakak, tapi setelah masuk kuliah aku jadi agak lupa sama hal hal kritis itu. Dan sibuk dengan dunia kampus yg full ini.
    Aku juga heran sama orang yg apatis, aku juga ada temen, dia itu kayak bodo amat gtu, apatis mulai dari isu kampus (lingkup kecil) sampe lingkup besar kayak masalah politik, hal yg terjadi duniaa semua nya dia gak tahu gtuuu bodo amat, aku juga kesel bngt. Menurut aku ilmu itu sekarang udah mudah bngt didapet, murah, dan efisien tapi kok masih aja ada orang yg gak mauthu gtu, rugiii klau kata aku mahhh

    Makasih ya kak udah ingetin aku dengan karya kakak ini untuk krmbali belajar dengan baik dan lebih baik lagi tentang dunia.

    Btw, aku ngefans bngt sama kakak, aku harap kakak tetep berkaryaa yaa, saranghae

Leave a Reply

